Senin, 03 Oktober 2022

Ekonomi



          Tugas menjadi hal yang akrab di telinga siswa maupun mahasiswa. Salah satu contohnya adalah mereka diminta tenaga pendidik untuk mencari contoh essay ekonomi ataupun membuat essay ekonomi. Namun, sebelum anda mengerjakan tugas semacam contoh di atas, sebaiknya anda mengetahui pengertian dari essay.

Essay sendiri merupakan sebuah karya tulis yang berisikan fakta dan juga opini dari si penulis. Dapat dikatakan essay bersifat subyektif dimana segala sesuatu berdasarkan sudut pandang penulis. Contoh essay ekonomi yang terjadi di Indonesia, penulis akan berupaya untuk menyampaikan segala bentuk kritikan tentang ekonomi yang ada di Indonesia, hal ini pun jelas berdasar dengan fakta-fakta yang terjadi di lapangan.

Ketika anda menemukan tugas membuat essay, maka alangkah baiknya jika melanjutkan membaca artikel ini hingga selesai. Sebab akan terdapat contoh essay ekonomi yang mungkin akan dapat anda jadikan referensi untuk mengerjakan tugas yang ada. Berikut adalah contoh dari essay ekonomi.

Negara dengan sumber daya alam yang melimpah merupakan keuntungan bagi siapapun yang tinggal di tempat tersebut. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki kesempatan tersebut. Indonesia sendiri masih disebut sebagai negara berkembang, sebab masih banyak hal-hal yang perlu untuk diperbaiki dan terus dikembangakan demi kemajuan suatu negara. Ekonomi menjadi hal yang tak tertinggal dalam proses perkembangan negara Indonesia. 

Dapat dilihat kesejahteraan yang ada di negeri ini sangatlah tidak merata. Capaian-capaian yang ada dalam perkembangan perekonomian hanya bisa dirasakan oleh masyarakat menengah ke atas. Jelas menjadi PR (pekerjaan rumah) bagi pemerintah untuk mengevaluasi hal tersebut. Fakta di lapangan berulang kali menjelaskan bahwa lagi-lagi masyarakat menengah ke bawah selalu terabaikan. 

Kesenjangan ekonomi yang terjadi di Indonesia akan terus terjadi apabila hal ini tidak diatasi. Ditambah bidang ekonomi sangat mempengaruhi bidang-bidang lainnya. Seperti misalnya bidang ekonomi dengan bidang kesehatan. Fakta lapangan berbicara bahwa kesenjangan ekonomi yang terjadi memberikan kerugian bagi kesehatan perorangan maupun masyarakat. Salah satu contoh kasus yang ada ialah adanya kematian bayi yang hampir terjadi diseluruh penjuru nusantara. 

Penyebab kematian bayi ini tidak hanya disebabkan faktor tenaga medis atau penanganan yang kurang tepat, ekonomi juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kematian bayi. Hal ini terjadi sebab banyak orang tua yang tidak mampu untuk membayar biaya persalinan di rumah sakit atau klinik terdekat. Hingga akhirnya mereka mencari ke orang yang dipercaya untuk membantu persalinan namun bukanlah orang yang ahli dalam bidangnya.

Kesenjangan ekonomi pun membuat masyarakat menengah ke bawah kerap kali melakukan Tindakan pencurian, penipuan bahkan perampokan. Bahkan mereka pun tidak segan untuk mengambil nyawa dari target sasaran demi memenuhi kebutuhan hidup. Kriminalitas yang terjadi di Indonesia sangatlah tinggi dan kembali menjadi PR bagi pemerintah Indonesia. 

Selain menjadi PR bagi pemerintahan Indonesia, permasalahan ini juga secara langsung menjadi PR bagi generasi muda. Generasi muda merupakan penerus bangsa di masa yang akan mendatang. Sehingga perannya sangatlah penting dalam proses perkembangan negara Indonesia. Hal ini dapat dimulai dari memahami segala bentuk permasalahan yang ada di Indonesia. Dalam proses menempuh Pendidikan pun, generasi muda harus terus menerus disadarkan tentang permasalahan yang ada. Sehingga mereka akan terbiasa untuk berpikir kritis dan barangkali mereka sebagai generasi muda dapat menemukan satu solusi dari sekian banyaknya permasalahan di bidang ekonomi. 

Saya ingin selalu mencatat apa yang ada di fikiran saya, saya tidak mau itu hilang begitu saja, sehingga saya berharap apa yang sempat saya catat di sini bermanfaat bagi semua.

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :

2 Comments

Terima kasih karena sudah meluangkan waktu untuk berkomentar.
EmoticonEmoticon